I made this widget at MyFlashFetish.com.

Rabu, 16 Maret 2011

CARA MERAWAT BUNGA MAWAR.................




Sebenarnya merawat bunga mawar tidaklah sulit karena bunga ini tidak terlalu membutuhkan banyak perawatannya. Pada masa kurang lebih 1 bulan-2 bulan setelah penanaman bunga mawar harus disiram setiap hari, pada sore hari ketika matahari sudah tidak begitu terlihat maka lakukanlah penyiraman pada daunnya.
Sekitar kurang lebih 2 bulan bunga mawar jangan terlalu sering di siram.Dan apabila bunga mawar sudah berbunga jangan lupa memangkas dahan-dahan pohon yg sudah kering bertujuan agar bunga mawar tersebut tumbuhakan lebih sering berbunga.

Tips Merawat Bunga Mawar




Sebagian besar orang menyukai bunga ini. Mawar adalah bunga yang elok tidak hanya pada rupa dia juga mempesona dan anggun dengan keharuman serta keindahan warnanya yang beraneka ragam.Bunga mawar memang banyak dijadikan sebagai hadiah ketika menyatakan perasaan sayang kepada seseorang, kebanyak juga mawar sering diberikan kepada kaum perempuan. Namun pernahkah Anda mengetahui cara merawat bunga mawar yang baik dan benar ? Cara merawat bunga mawar memang susah gampang, bermodalkan tekad merawat dan beberapa keahlian anda bisa merawat bunga anda hingga berbunga banyak.

Bahkan jika cara merawat bunga mawar anda tekuni, anda juga bisa saja menjadikan bunga mawar sebagai komoditi untuk dijual. Namun dengan syarat Anda harus meningkatkan kualitas dari bunga mawar serta dengan membuat berbagai macam warna dari bunga mawar itu sendiri. Namun sebelum melangkah kepada hal tersebut ada biknya anda lebih mendalami bagaimana cara merawat bunga mawar yang baik dan benar.





Tips dalam merawat bunga mawar :
• Jangan pernah menyiram mawar hingga menggenang pada pot bunga.
• Saat menyiram bunga, siramlah langsung pada bagian tanah. Karena daun bunga mawar sangat rentan kering jika terkena air.
• Jangan menempatkan bunga mawar pada tempat yang terkena sinar matahari langsung.Usahakan gunakan peneduh jaring pada atas tempat Anda menanam bunga mawar.
• Pangkaslah daun yang sudah mulai mengering, saat memangkas gunakan gunting bunga atau gunting yang mempunyai ketajaman yang baik. Dan saat memangkas jangan gunakan teknik memotong serong.
• Cara membudidayakan atau memperbanyak tanaman mawar ini cukup banyak antara lain melalui biji, setek, okulasi, cangkokan dan membelah anakan. Namun untuk lebih praktis sebaiknya digunakan cara setek. Cara ini dianggap ampuh karena dapat membuat bunga mawar menjadi tumbuh banyak.
• Namun bisa juga dengan melakukan pembibitan. Supaya tumbuh dengan baik. Pilih biji bibit yang bagus (jika ditaruh di air maka akan tenggelam). Selanjutnya dengan melakukan penyiapan benih dengan memilih buah mawar yang produktif berbunga atau sudah unggul dan sudah matang kemudian dipetik. Siapkan lahan berupa tanah yang berhumus dan juga berpasir dengan perbandingan 1:1. Lalu masukkan biji mawar tadi kedalam tanah tersebut dan disiram dengan air bersih hingga cukup lembab. Kemudian tanamkan buah mawar kedalam tanah tersebut hingga terkubur. Biarkan buah mawar membusuk pada kondisi media yang lembab. Waktu yang diperlukan berkisar antara 2 hingga 9 bulan.
• Setelah kurun waktu pembusukan buah mawar selesai, angkat biji-biji mawar dari buah yang telah membusuk dan jangan lupa pilih biji mawar yang paling baik, yaitu jika ditaruh di air maka ia akan tenggelam. Kemudian cuci biji mawar dengan air lalu dikeringkan di tempat teduh. Semaikan biji mawar secara merata menurut barisan pada jarak antar-baris 5- 10 cm di dalam bak atau baskom. Biji akan berkecambah pada saat empat minggu setelah disemaikan.
• Pemeliharaan pembibitan dilakukan dengan menyiram tempat penyemaian secara rutin satu hingga dua kali dalam sehari. Lalu masukkan bibit mawar yang sudah cukup besar ke dalam polybag kecil yang telah diisi dengan campuran tanah, pasir, dan pupuk organik. Kemudian lakukan pemindahan bibit dengan cara memindahkan tanam bibit mawar yang telah berumur 22 bulan ke lahan berupa tanah di kebun atau tempat yang diajdikan sebagai tempat penanaman tetap atau permanen, seperti misalnya pot.
• Tahap selanjutnya yaitu dengan melakukan tahapan penanaman bunga mawar seperti yang telah dijelaskan di atas yaitu dengan menggunakan tanah yang subur dan gembur serta mendapat sinar matahari agar memperkuat tanaman tersebut, baik untuk yang ditanam di kebun maupun di pot. Jangan lupa memberikan pupuk kandang atau pupuk buatan yang memang khusus disediakan untuk penanaman bunga mawar. Pemberian pupuk dilakukan dengan cara disebar hingga merata dengan tanah agar terserap hingga ke akarnya.
• Untuk penanaman di kebun jangan lupa membuat bedengan dengan ukuran lebar 100-120 cm, tinggi 30 cm, jarak antar bedengan 30-40 cm, dan panjangnya tergantung keadaan lahan. Kita juga bisa membuat bentuk taman mawar sesuai dengan selera kita yang tentunya serasi dengan pekarangan sekitar agar terlihat lebih indah.


21 komentar:

  1. waaah postingan yang sangat bagus dan sangat memberikan referensi,
    semoga ilmu ini dapat bermanfaat bagi semuanya yah,
    kalau sempat bisa kunjungi blog saya di
    http://merdeka.blog.stisitelkom.ac.id/

    terimakasih ^^

    BalasHapus
  2. Kan aku udah tanam Bunga Mawarnya di pot yang terbuat dari tanah liat. trus udah tak kasih tanah,pupuk kandang sama pasir dengan perbandingan 1:1:1/4. Daunnya warnanya jadi Kuning dan Layu. Padahal aku nyiraminnya gk sampai menggenang. daunnya itu menguning dan layu karena apa ya? Padahal udah kuletakan di tempat teduh kena cahaya matahari.

    BalasHapus
  3. biasanya kalau saya menanam mawar itu pakai tanah yang bekas pembakaran sampah atau tanah yang benar-benar subur, untuk pupuknya saya tidak terlalu memakai banyak pupuk kandang atau pupuk yang lainnya karena akan buat panas buat mawarnya. mungkin ini cuma cara saya biasa yang biasa ya.

    :D

    BalasHapus
  4. Di daerah saya sulit untuk menemukan tanah yang subur. Biasanya tanahnya kering.

    BalasHapus
  5. kalau bekas pembakaran sampah??

    kalau ada, coba aja tanahnya disiram air dulu, agar tanahnya jadi basah, setelah tidak terlalu basah, coba saja mawarnya ditanam ditanah itu...

    :D

    BalasHapus
  6. kenapa daun pada mawar tersebut ada yang kuning? itu karena apa ya?

    BalasHapus
  7. Dan maksudnya teknik memotong serong itu apa?

    BalasHapus
  8. mungkin bisa juga karena panas yang disebabkan pupuk kandang, ataupun karena panasnya matahari.

    tehnik memotong serong itu, kita memotong daun mawarnya jangan menyerong, tapi lurus saja dan hati-hati dlam memotongnya.

    kalau menyerong, bisa membuat adanya sisa pemotongan daun pada batangnya juga.

    BalasHapus
  9. bagaimana cara menyetek bunga mawar agar menjadi bibit yang baik ???

    BalasHapus
  10. Trms postingannya... Foto2 bunga mawarnya bagus sekali. Apa itu bunga mawar asli...? :) saya baru beli 4 pot bunga mawar tadi sore, pengen sekali bisa punya bunga2 mawar yg indah di rumah.

    BalasHapus
  11. terima kasih...
    saya juga sangat suka dengan foto2 ini...
    sepertinya itu bunga mawar yang asli, tetapi masih jarang ditemukan di Indonesia....

    wach, semoga bunga mawarnya tumbuh dengan menghasilkan bunga yang cantik ya....

    :D

    BalasHapus
  12. sangat bermanfaat cara merawat bunga mawar ini. terima kasih telah berbagi info bermanfaat dan inspiratif ini.

    BalasHapus
  13. kalau buat warna mawar lebih bervariasi gimana ya,,,,menimbulkan warna yang bermacam2 dalam 1 tangkai bunga????????

    BalasHapus
  14. halo saya mau tanya, saya diberi bunga oleh seseorang, saya ingin agar bunga itu tidak layu. ya seperti bunga hias biasa, bunga ini telah dibungkus dengan cantik dengan kertas, pita, dan plastik dsb. tapi saya ingin merawatnya. apa yg hrs saya lakukan bila saya ingin merawatnya di dalam vas bukan pot bunga? mohon dijawab scptnya. trims

    BalasHapus
  15. mbak caranya mengembangbiakan mawar putih jenis mawar kuno /antik (tidak merambat) bagaimana ya? apakah dg cara stek? langkahnya gimana? tks

    BalasHapus