I made this widget at MyFlashFetish.com.


Senin, 10 Desember 2012

Laporan Kunjungan Observasi Sekolah SMK Tritech Informatika Medan


Data Observasi

·         Nama         : Febri Inka Mandasari
NIM          : 101301020

·         Kelas yang diobservasi     : X-10

·         Mata Pelajaran      : Bahasa Inggris
Nama Guru           : Zumiarni

·         Waktu Observasi   : Rabu, 5 Desember 20112
  Pukul 11.45 – 12.15 WIB

·         Jumlah Siswa        : 25 siswa

·         Media Pembelajaran Guru : buku paket, white board,
 dan board marker (hitam dan merah)

·         Media Pembelajaran Siswa : buku tulis, pulpen, dan buku paket

·         Alat Observasi      : kertas, pulpen, dan handphone

·         Situasi Fisik Kelas
Ruangan kelas dengan ukuran 6 x 4 m, dengan pintu masuk yang ada dibelakang siswa. Sebagian dindingnya sudah dinding beton tetapi dinding pembatas dengan ruangan kelas disebelahnya masih terbuat dari triplek. Didalam ruangan ada 13 meja dan 26 kursi untuk siswa, dan 1 meja dan 1 kursi untuk guru. Di dinding depan ada 1 white board, yang diatasnya ada 1 TV LCD 29 inci, 1 AC, 1 jam, dan 1 kipas angin kecil, sedangkan di samoing kiri dan kanannya ada seperti jadwal-jadwal kelas. Di dinding sebelah kanan ada juga 1 kipas angin yang besar. Ruangan kelas cukup gelap sehingga 4 buah lampu dihidupkan. Ruangan juga cukup kotor, karena sukup banyak sampah makanan yang berserakan dilantai.


Analisis Hasil Observasi dengan Teori


Pedoman Observasi

Observasi ini dilakukan dengan pedoman Tabel 5.3 BAB 5 tentang Kondisi Belajar Robert Gagné yang ada di buku Learning and Intruction. Tabel 5.3 ini berisi tentang Ringkasan Sembilan Tahapan Belajar, yaitu untuk persiapan belajarnya ada tahap pertama yang merupakan tahap memerhatikan, dimana saya sebagai observer memperhatikan apa yang akan saya observasi baik itu tempatnya, waktunya, dan observeenya. Tahap yang kedua adalah harapan, dimana saya melihat para siswa yang diharapkan saat belajar itu dapat tenang dan dapat mendengar dan mempehatikan guru dengan baik, tetapi mereka justru menjadi siswa yang ribut dan guru juga cukup kewalahan untuk mengatur situasi tersebut. Untuk tahapan ketiga tentang pengambilan kembali (informasidan/atau keterampilan) untuk dibawa keingatan kerja, walaupun siswa-siswa tersebut ribut tetapi mereka tetap dapat memahami informasi yang penting dari pelaran tersebut.

Untuk akuisi dan kinerja ada tahap keempat yaitu persepsi selektif terhadap ciri stimulus, untuk membuat siswa dapat menyimpan informasi tersebut, guru membantunya dengan mengulang kembali dan mengucapkan dengan keras apa informasi penting tersebut. Pada tahap kelima yaitu pengkodean semantik, guru sering memancing siswanya agar ikut juga mengucapkan informasi-informasi penting tersebut. Kemudian tahap keenam adalah pengambilan kembali dan respon, dengan guru memancing siswanya untuk mengucapkan informasi-informasinya, dia juga menyuruh salah satu siswanya untuk mengucapkannya kembali, dan siswanya juga dapat mengucapkannya walaupun dibantu oleh gurunya. Untuk tahap ke tujuh adalah penguatan. Untuk lebih membuat siswanya memahami tentang informasi tersebut guru memberikan beberapa contoh.

Dan pada transfer belajar ada tahap yang kedelapan yaitu pengambilan petunjuk, dengan berbagai contoh yang dicontohkan guru, siswa dapat memahami informasi yang penting pada pelajaran tersebut. Dan untuk tahap yang terakhir adalah tahap kemampuan generalisasi, yaitu dengan contoh yang diberikan guru, guru juga meminta siswanya membuat contoh lain, dan siswanya mampu membuat contoh dengan informasi yang disampaikan oleh guru. Inilah kesembilan tahapan belajar yang dapat diobservasi pada siswa.

Acuan Observasi

Untuk acuan observasi ini tabel yang digunakan adalah Tabel 5.2 tentang Tinjuan atas Lima Variasi Belajar Gagné.
Kategori Belajar
Kapabilitas
Penampilan
Informasi verbal`
Pengambilan informatika yang tersimpan (fakta, label, diskursus)
Menyatakan atau mengkomunikasikan informasi tersebut dengan berbagai cara
Keterampilan intelektual
Operasi mental yang memungkinkan individu untuk merespon konseptualisasi lingkungan
Berinteraksi dengan lingkungan tersebut dengan menggunakan simbol
Strategi kognitif
Proses kontrol pelaksana yang mengatur pemikiran dan belajar dari pemelajar
Mengelola ingatan, pemikiran, dan pemelajaran seorang secara efidien
Keterampilan motorik
Kapabilitas dan “rencana eksekutif” untuk melakukan sekuensi gerakan fisik
Mendemonstrasikan urutan fisik atau tindakan
Sikap
Prodisposisi ke tindakan positif atau negatif terhadap orang, objek atau peristiwa
Memilih tindakan personel terhadap atau menjauh dari objek, peristiwa, atau orang

Hasil Observasi dengan Tabel 5.2

Siswa mengambil informasi verbal yang diucapkan oleh guru dan dapat memahami dengan baik apa informasi yang diberikan oleh guru. Untuk melihat siswa dapat memahami apa yang dijelaskan oleh guru, guru memberikan siswa kesempatan untuk memberikan contoh, dan dengan contoh yang diberikan siswa guru dapat mengetahui kalau siswanya sudah mengerti.
Untuk siswa, agar mereka dapat mengerti dengan mudah mereka juga ikut mengulangi pengucapan kembali informasi yang diberikan guru, dan juga mencoba memberi contoh yang dapat mereka pahami dengan mudah. Untuk itu juga mereka mencatat apa-apa informasi yang mereka dapatkan.
Tetapi untuk sikap mereka dalam mendapatkan dan memahami informasi itu cukup kurang baik, karena tidak peduli dengan apa yang diusahakan guru untuk menenangkan kelas, siswa tetap tidak mau tenang, mereka tetap ribut. Mereka tidak terlalu mempedulikan usaha guru yang juga dapat membuat mereka lebih cepat untuk memahami pelajaran tersebut. Namun walaupun mereka tetap tidak dapat tenang, mereka dapat menerima informasi tersebut dengan baik.


Komentar

Untuk kelas X-10 di SMA Tritech Informatika ini menurut saya fasilitas kelasnya sudah cukup modern. Untuk para siswa-siswanya juga baik, dan gurunya sangat ramah. Namun kelas ini cukup kotor karena siswa kurang memperhatikan kebersihan kelasnya, dan kelas ini cukup ribut bahkan guru pun udah sering untuk mebuat kelas tenang tetap saja kelas tidak dapat tenang. Namun guru dan siswanya sangat akrab sekali.


Testimoni

Untuk tugas observasi ini saya sangat suka, walaupun saya awalnya gugup saat melakukannya, namun lama kelamaan saya menjadi terbiasa. Saya merasa kagum sekali dengan fasilitas yang ada pada ruangan kelas, dan saya juga merasa senang dapat bertemu dengan guru yang ramah dan siswa-siswa yang baik. Saya senang dengan adanya tugas ini, karena dengan seperti ini saya dapat mengetahui seperti apa sebenarnya jika langsung bertemu dengan apa yang akan kita observasi dilapangan.

5 komentar:

  1. SAYA ZUMIARNI,GURU BHS.INGGRIS-SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN,AKTIF MENGAJAR SEJAK TA.2012-2014. DGN TEGAS SAYA KONFRMASIKAN BHW OBSERVASI ANDA ADALAH PALSU,TDK BENAR,TDK AKURAT, TDK BRDSARKAN FAKTA. DISEKOLAH SMK TERSEBUT SETIAP KELAS PASTI ADA JURUSANNYA MASING2X. ANDA TIDAK MENULISKAN JURUSAN KELAS TSB. ANDA HANYA MENULISKAN KELAS X-10. KETERANGAN INI PALSU. ANDA HANYA MEREKAYASA ATAU MENGARANG SAJA. SAYA TDK MENGAJAR DI KELAS X-10. ANDA TIDAK BERHAK MELIBATKAN SAYA DALAM TULISAN KARANGAN ANDA TANPA PERSETUJUAN DARI SAYA.SAYA PERINGATKAN DIHAPUSKAN SEGERA KETERANGAN ANDA TERSEBUT DIATAS DI MEDIA INI KRN MEMBERIKAN INFORMASI PALSU, TDK BERDASARKAN FAKTA,SUDAH MENGGANGGU PRIVASI SAYA. SEKALI LAGI SAYA PERINGATKAN DIHAPUSKAN SEGERA. ANDA MENYALAHI UNDANG-UNDANG.KETERANGAN ANDA PALSU. TERIMAKASIH. ASSALAMMU'ALAIKUUUM??? (ZUMIARNI, GURU B.INGGRIS-SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN.)

    BalasHapus
  2. SEKALI LAGI SAYA JELASKAN KEPADA FEBRI INKA MANDASARI :
    SAYA ZUMIARNI,GURU BHS.INGGRIS-SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN,AKTIF MENGAJAR SEJAK TA.2011-2014. DGN TEGAS SAYA KONFRMASIKAN BHW OBSERVASI ANDA ADALAH PALSU,TDK BENAR,TDK AKURAT, TDK BRDSARKAN FAKTA. DISEKOLAH SMK TERSEBUT SETIAP KELAS PASTI ADA JURUSANNYA MASING2X. ANDA TIDAK MENULISKAN JURUSAN KELAS TSB. ANDA HANYA MENULISKAN KELAS X-10. KETERANGAN INI PALSU. ANDA HANYA MEREKAYASA ATAU MENGARANG SAJA. LAGI PULA SAYA TDK MENGAJAR DI KELAS X-10 PADA TA.2012 LALU. ANDA TIDAK BERHAK MELIBATKAN SAYA DALAM TULISAN KARANGAN ANDA TANPA PERSETUJUAN DARI SAYA APALAGI KETERANGANNYA PALSU, TIDAK AKURAT, TIDAK BERDASARKAN FAKTA. ISLAM MENGAJARKAN SELALU JUJUR. JADI SAYA PERINGATKAN ANDA HARUS JUJUR, DAN BERHARAP HAPUSKAN SEGERA KETERANGAN ANDA TERSEBUT DIATAS DI MEDIA INI KRN MEMBERIKAN INFORMASI PALSU, TDK BERDASARKAN FAKTA,SUDAH MENGGANGGU PRIVASI SAYA. SEKALI LAGI SAYA PERINGATKAN DIHAPUSKAN SEGERA. ANDA MENYALAHI UNDANG-UNDANG. KETERANGAN ANDA PALSU. TERIMAKASIH. ASSALAMMU'ALAIKUUUM??? (ZUMIARNI, GURU B.INGGRIS-SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN-TERTANGGAL 02 OKTOBER 2013.)

    BalasHapus
  3. SEKALI LAGI SAYA JELASKAN KEPADA FEBRI INKA MANDASARI :
    SAYA ZUMIARNI,GURU BHS.INGGRIS-SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN,AKTIF MENGAJAR SEJAK TA.2011-2014. DGN TEGAS SAYA KONFRMASIKAN BHW OBSERVASI ANDA ADALAH PALSU,TDK BENAR,TDK AKURAT, TDK BRDSARKAN FAKTA. DISEKOLAH SMK TERSEBUT SETIAP KELAS PASTI ADA JURUSANNYA MASING2X. ANDA TIDAK MENULISKAN JURUSAN KELAS TSB. ANDA HANYA MENULISKAN KELAS X-10. KETERANGAN INI PALSU. ANDA HANYA MEREKAYASA ATAU MENGARANG SAJA. LAGI PULA SAYA TDK MENGAJAR DI KELAS X-10 PADA TA.2012 LALU. ANDA TIDAK BERHAK MELIBATKAN SAYA DALAM TULISAN KARANGAN ANDA TANPA PERSETUJUAN DARI SAYA APALAGI KETERANGANNYA PALSU, TIDAK AKURAT, TIDAK BERDASARKAN FAKTA. ISLAM MENGAJARKAN SELALU JUJUR. JADI SAYA PERINGATKAN ANDA HARUS JUJUR, DAN BERHARAP HAPUSKAN SEGERA KETERANGAN ANDA TERSEBUT DIATAS DI MEDIA INI KRN MEMBERIKAN INFORMASI PALSU, TDK BERDASARKAN FAKTA,SUDAH MENGGANGGU PRIVASI SAYA. SEKALI LAGI SAYA PERINGATKAN DIHAPUSKAN SEGERA. ANDA MENYALAHI UNDANG-UNDANG. KETERANGAN ANDA PALSU. TERIMAKASIH. ASSALAMMU'ALAIKUUUM??? (ZUMIARNI, GURU B.INGGRIS-SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN-TERTANGGAL 02 OKTOBER 2013.)

    BalasHapus
  4. SEKALI LAGI SAYA JELASKAN KEPADA FEBRI INKA MANDASARI :
    SAYA ZUMIARNI,GURU BHS.INGGRIS-SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN,AKTIF MENGAJAR SEJAK TA.2011-2014. DGN TEGAS SAYA KONFRMASIKAN BHW OBSERVASI ANDA ADALAH PALSU,TDK BENAR,TDK AKURAT, TDK BRDSARKAN FAKTA. DISEKOLAH SMK TERSEBUT SETIAP KELAS PASTI ADA JURUSANNYA MASING2X. ANDA TIDAK MENULISKAN JURUSAN KELAS TSB. ANDA HANYA MENULISKAN KELAS X-10. KETERANGAN INI PALSU. ANDA HANYA MEREKAYASA ATAU MENGARANG SAJA. LAGI PULA SAYA TDK MENGAJAR DI KELAS X-10 PADA TA.2012 LALU. ANDA TIDAK BERHAK MELIBATKAN SAYA DALAM TULISAN KARANGAN ANDA TANPA PERSETUJUAN DARI SAYA APALAGI KETERANGANNYA PALSU, TIDAK AKURAT, TIDAK BERDASARKAN FAKTA. ISLAM MENGAJARKAN SELALU JUJUR. JADI SAYA PERINGATKAN ANDA HARUS JUJUR, DAN BERHARAP HAPUSKAN SEGERA KETERANGAN ANDA TERSEBUT DIATAS DI MEDIA INI KRN MEMBERIKAN INFORMASI PALSU, TDK BERDASARKAN FAKTA,SUDAH MENGGANGGU PRIVASI SAYA. SEKALI LAGI SAYA PERINGATKAN DIHAPUSKAN SEGERA. ANDA MENYALAHI UNDANG-UNDANG. KETERANGAN ANDA PALSU. TERIMAKASIH. ASSALAMMU'ALAIKUUUM??? (ZUMIARNI, GURU B.INGGRIS-SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN-TERTANGGAL 02 OKTOBER 2013.)

    BalasHapus
  5. Mohon Maaf Bu,jika postingan ini kurang berkenan terhadap Ibu. Kira-kira keterangan yang mana yang palsu, rekayasa, tidak fakta dari data berdasarkan postingan ini ? mohon dijelaskan Bu.

    BalasHapus