I made this widget at MyFlashFetish.com.


Selasa, 15 Februari 2011

Apakah dengan pembelajaran penemuan ( discovery learning ) murid-murid akan terbantu????

Metode pembelajaran penemuan adalah pembelajaran dimana murid menyusun pemahaman sendiri. Murid harus mencari tahu sendiri pelajaran yang akan dipelajarinya ,tidak dbantu oleh guru. Karena dengan begitu murid akan terdorong untuk berpikir sendiri dan menemukan cara menyusun dan mendapatkan pengetahuan. Serta memupuk rasa ingin tahu mereka. Pembelajaran penemuan ini sangat efektif dalam pelajaran sains.

Kebanyakan pendekatan pembelajarn penemuan yang digunakan disekolah dewasa ini, tapi tidak menggunakan pembelajaran penemuan yang “murni”. Dalam pembelajaran penemuan yang “murni”, murid didorong untuk belajar sendiri dan diberikan sedikit instruksi, bahkan tidak sama sekali diberikan. Belajar sendiri itu tidak selalu bermanfaat bagi banyak murid. Apalagi saat murid diberikan materi, terus dia dibiarkan untuk belajar sendiri dengan materi itu, itu akan menyebabkan murid mendapatkan solusi yang salah dan strategi yang tidak efisien untuk menemukan informasi. Bahkan ada murid yang menemukan pengetahuan sama sekali.





Jadi, pembelajaran penemuan itu kurang membantu murid untuk mendapatkan pengetahuan yang bagus. Apalagi murid yang kurang mampu dalam berpikir dan malas belajar, maka dia akan ketinggalan jauh sekali dari pengetahuan. Tapi, untuk menggunakan metode pembelajaran penemuan ini perlu dilakukan perbaikan untuk metode ini yaitu dengan pembelajaran penemuan dengan bimbingan ( guided discovery learning ). Dimana murid didorong untuk menyusun sendiri pemahamannya, tetapi juga dibantu dengan pertanyaan dan pengarahan dari guru.

sumber: Santrock J. W. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar