I made this widget at MyFlashFetish.com.


Selasa, 26 April 2011

APA PERBEDAAN PSIKOLOG PENDIDIKAN DENGAN PSIKOLOG SEKOLAH????

Psikologi pendidikan merupakan cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan dalam rangka pencapaian efektivitas pendidikan itu sendiri.
Psikologi sekolah adalah salah satu cabang dari psikologi pendidikan yang membahas segala aspek di lingkungan sekolah dan berusaha menciptakan situasi yang mendukung bagi anak didik dalam mengembangkan kemampuan akademik, sosialisasi, dan emosi.

Jadi psikolog pendidikan itu kerjanya didalam lingkungan pendidikan sedangkan psikolog sekolah didalam lingkungan sekolah. Psikolog pendidikan biasa bekerja di lingkungan sekolah, perguruan tinggi dan di lingkungan pendidikan anak, terutama bekerja dengan guru dan orang tua. Sedangkan psikolog sekolah sudah pasti bekerja di lingkungan sekolah, biasanya sekolah negeri.

Pekerjaan psikolog pendidikan adalah berupaya untuk memahami aspek dasar pembelajaran manusia dan mengembangkan bahan dan strategi untuk meningkatkan proses pembelajaran. Sedangkan pekerjaan psikolog sekolah adalah menguji -sebagian besar anak yang mengalami kesulitan disekolah untuk mendiagnosis masalah dan menyarankan cara menghadapi masalah itu. Psikolog sekolah juga bekerja sama dengan guru untuk mengembangkan intervensi yang efektif untuk anak dalam masalah akademis, emosional, dan perilaku.

Adapun tugas psikolog pendidikan adalah :

  • Berkonsultasi dengan guru, orang tua, administrator, dan penyedia layanan kesehatan jiwa masyarakat tentang belajar, sosial, dan masalahperilaku.
  • Terlibat dalam kegiatan kesehatan mental di sekolah.
  • Membantu pendidik dalam menciptakan suasana kelas yang aman dan sehat.
  • Mengajarkan keterampilan orangtua, strategi pemecahan masalah, dan topik lainnya yang berkaitan dengan kesehatan sekolah.
  • Menilai dan mengevaluasi berbagai masalah yang berkaitan dengansekolah dan aset anak di sekolah tempat mereka ditugaskan.
  • Bersedia melayani kebutuhan siswa penyandang cacat melalui penilaian pendidikan khusus, kelayakan, dan proses penempatan.
  • Mengkomunikasikan hasil evaluasi psikologis untuk orang tua danguru, sehingga mereka dapat memahami kesulitan siswa dan mengetahuibagaimana melayani kebutuhan siswa tersebut.
  • Bekerja dengan berbagai masalah emosional dan akademikmahasiswa.
  • Dapat melayani satu atau beberapa sekolah di daerah atau bekerja untuk sebuah pusat kesehatan mental masyarakat dan / atau dalamlingkungan universitas.


Dan tugas psikolog sekolah adalah :

  • Menilai proses pembelajaran dan kebutuhan emosional dengan mengamati dan berkonsultasi dengan tim multi-lembaga untuk memberikan saran tentang pendekatan terbaik dan ketentuan untuk mendukung pembelajaran.
  • Mengembangkan dan mendukung program pengelolaan terapi dan perilaku.
  • Merancang dan mengembangkan kursus untuk orang tua, guru dan lain-lain yang terlibat dengan pendidikan anak-anak dan remaja pada topik seperti bullying.
  • Merancang dan mengembangkan proyek-proyek yang melibatkan anak-anak.
  • Menulis laporan untuk membuat rekomendasi formal tentang tindakan yang akan diambil, termasuk pernyataan formal.
  • Menasihati, menegosiasi, membujuk dan mendukung guru, orang tua dan profesional pendidikan lainnya.
  • Mengutamakan efektivitas: ketika lingkungan yang mempengaruhi perkembangan anak dipandang semakin penting.
  • Penghubung profesional lain dan memfasilitasi pertemuan, diskusi dan kursus.
  • Mengembangkan dan meninjau kebijakan-kebijakan di sekolah.
  • Melakukan penelitian aktif.
  • Mengembangkan dan menerapkan intervensi yang efektif untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis, sosial, perkembangan emosi dan perilaku dan untuk meningkatkan standar pendidikan.

sumber
Santrock, J.W. 2010. Psikologi Pendidikan edisi kedua. Jakarta: Kencana
http://www.nasponline.org/about_sp/careerfaq.aspx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar