I made this widget at MyFlashFetish.com.


Rabu, 10 Oktober 2012

Analisis Pengalaman Pribadi berdasarkan Teori Skinner


Teori Skinner ternyata sudah banyak kita lakukan di kehidupan kita. Bahkan mungkin hal kecil yang kita lakukan bisa saja itu adalah penerapan dari teori Skinner. Misalnya, di rumah, saat saya disuruh mama saya untuk mengerjakan suatu tugas yang saya tidak suka, tapi untuk membuat saya mengerjakan tugas itu, mama membujuk saya dengan lembut sambil menawarkan suatu hadiah yang menurut saya cukupmenarik untuk saya dapatkan, dengan diberikan hadiah seperti itu, saya jadi mau untuk melakukan tugas yang diperintahkan oleh mama saya. Jika kejadian ini dikaitkan dengan  teori Skinner dimana menurutnya agar efektif dalam mengubah suatu perilaku, penguatan harus terjadi secara seketika bersamaan dengan berpenguat, dan terkait langsung dengan perilaku itu sendiri. “Suatu penguat akan sangat kuat apabila ia diikuti dengan segera-optimal di dalam hitungan detik” (Skinner, 1986). Dan dalam kejadian ini yang saya dapatkan adalah penguat yang positif, dan saya juga dapat berperilaku positif.

Pengalaman saya lainnya yang dapat dibahas dengan teori Skinner adalah pengalaman saya ini terjadi waktu saya SMA. Dulu, saya suka sekali pergi sekolah itu setelah bel bunyi, karena sekolah saya ada di sebelah rumah saya. saya selama tiga tahun selalu seperti itu. Dan selalu lolos dari guru-guru yang menjaga di depan pintu gerbang. Tetapi, pada suatu saat, saya kedapatan telat, dan saya langsung dihukum untuk memungut sampah keliling sekolah. Alangkah malunya, ketika seorang guru berkata “wah, rumahmu bagaikan diujung MADINA ya!”. Ternyata perbuatan saya yang datang telat itu akhirnya mendapatkan suatu hukuman, dan hukuman itu membuat saya malu juga. Dan setelah kejadian itu, saya mulai datang dengan cepat, agar saya tidak telat lagi. Jika peristiwa ini saya kaitkan dengan teori Skinner, saya disini mendapatkan penguatan negatif, yang juga dapat mengubah perilaku saya ke perilaku yang positif. Karena saya juga tidak mau untuk mendapatkan suatu hukuman lagi akibat perbuatan yang bisa saya ubah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar