I made this widget at MyFlashFetish.com.


Kamis, 11 Oktober 2012

"Pengalaman Belajar di Analisis dengan Teori Skinner"


"Coretanku"

Saat mata kuliah psikologi belajar berlangsung, kami tiba-tiba disuruh untuk menyimpan laptop dan barang lainnya kecuali buku psikologi belajar dan alat tulis. Semuanya menganggap kalau bakan kuis. Tapi ternyata tidak. Setelah itu, kami diberikan stimulus tiga kertas yang ukurannya berbeda-beda, dan salah satunya merupakan sertifikat. Kami diberikan perintah untuk membuat suatu produk dari tiga bahan tersebut, baik dalam bentuk apapun itu, yang kemudian dikaitkan dengan teori Skinner. Kami diberikan waktu 30 menit untuk mengerjakan tugas tersebut. Dan tiga hasil terbaik akan mendapatkan hadiah. Saya bingung untuk membuat apa. Dan akhirnya pikiran sudah buntu, sudah lihat teman-teman yang lain juga sudah setengah jalan. Saya akhirnya hanya membuat coretan-coretan berupa gambar dari ketiga stimulus tersebut.

Kertas pertama yang merupakan kertas sertifikat, saya membuat suatu gambar pemandangan alam yang tidak jelas ceritanya. Ini dia gambarnya:



Kertas kedua yang merupakan kertas karton yang berbentuk persegi panjang saya membuat produk yaitu sebuah pembatas buku, yang bertuliskan psikologi belajar. Ini dia gambarnya:



Dan kertas ketiga, yaitu kertas A4 kosong, saya membuat gambar gaun, yang gambarnya menurut saya cukup bagus, dan gambar ini merupakan karya saya yang pertama tentang gambar gaun. Ini dia gambarnya:




Peristiwa yang terjadi pada saat mata kuliah psikologi belajar ini dapat kita bahas dengan teori Skinner tentang stimulus diskriminatif. Skinner menekankan bahwa pengajaran lebih sekedar memberitahukan sesuatu. Pengaran terjadi ketika respons muncul untuk yang pertama kali dan diperkuat. Dalam peristiwa ini, yang menjadi stimulus diskriminatifnya adalah 3 kertas tadi, yang diharapkan tiga kertas tersebut akan direspon dan menjadi sebuah produk yang merupakan pemikiran sendiri, dan untuk 3 hasil yang paling bagus dari produk-produk yang ada pada kelompok A dan B dalam kelas tersebut akan medapatkan suatu hadiah dan ini merupakan penguat yang diberikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar